^
kembali ke atas

About Us

Selayang Pandang

Awal pendirian PT. BPR Syariah Baiturridha merupakan adanya kepedulian dari pemilik Hotel Panghegar Group untuk memberikan layanan jasa perbankan dengan prinsip bagi hasil (profit sharing) dan untuk menghindari kegiatan muamalah dari unsur ribawi (bunga), maisyir, gharar dan spekulasi. Dasar inilah yang menjadi dorongan kuat untuk mendirikan BPR yang beroperasi secara syariah dengan nama PT. BPR Syariah Baiturridha. 

Pada Tahun 2008 PT. BPR Syariah Baiturridha  telah  diakuisisi oleh Yayasan Pusaka dan pada tahun 2010 berganti nama dan logo baru menjadi PT. BPR Syariah Baiturridha Pusaka.

Yayasan Pusaka adalah sebuah yayasan yang dibentuk oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) untuk mewadahi kepentingan karyawan dan pensiunan khususnya dalam hal peningkatan kesejahteraan. Selain Yayasan Pusaka, PT. Kereta Api Indonesia juga memiliki beberapa yayasan lain, yaitu Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA), Yayasan BKRKA (Bina Kerta Rahardja Karyawan Kereta Api),dan lain-lain. Yayasan BKRKA yang semula dibentuk untuk mengelola dana kematian karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero), dalam perkembangannya juga menjalankan kegiatan usaha simpan pinjam kepada para karyawan dan pensiunan PT. Kereta Api Indonesia (Persero), selama lebih dari 40 tahun.Dengan adanya ketentuan UU Yayasan No. 16 th. 2001 juncto UU no. 28 th.2004, dimana Yayasan dapat melakukan aktifitas usaha untuk menunjang pencapaian maksud dan tujuannya, adalah tidak secara langsung melainkan dengan mendirikan badan usaha dan/atau ikut serta dalam suatu badan usaha, maka Yayasan BKRKA kemudian dilikuidasi, dan sebagai wadah pengganti kegiatan usaha simpan pinjam yang telah berjalan, diakuisisilah BPR Syariah Baiturridha oleh Yayasan Pusaka.

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi perusahaan, maka ditetapkan langkah-langkah strategis sebagai budaya perusahaan yang dikenal dengan SMILEyaitu:

Sharia spirits : Semangat Syariah yang mendasari setiap kegiatan perusahaan.

Make it Happen : Mewujudkan harapan perusahaan, stakeholder, dan masyarakat.

Integrity : Integritas yang harus dijunjung tinggi oleh setiap individu dalam perusahaan.               

Look different : Terlihat  berbeda dari yang lain.

Excellent in services : Mengutamakan pelayanan prima kepada nasabah.

Mewujudkan impian menjadi salah satu BPR Syariah yang terpercaya dan menjadi pilihan utama masyarakat Jawa Barat bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain perlu kerja keras untuk pembenahan internal di segala bidang, BPR Syariah Baiturridha Pusaka juga dihadapkan pada iklim persaingan yang makin kompetitif. Pesatnya pertumbuhan pasar perbankan syariah menjadi daya tarik bagi masuknya pemain baru.

Oleh karenanya, konsolidasi internal melalui budaya SMILE merupakan suatu keniscayaan, sebelum melangkah menjadi BPR Syariah yang sehat dan berdaya saing di tahun-tahun mendatang. Manajemen yakin dengan arah yang jelas, strategi yang tepat, tata kelola yang baik, sumber daya insani yang profesional,menjunjung tinggi integritas, komitmen dan kerja keras karyawan serta dukungan dari pemegang saham, maka Insya Allah kepercayaan masyarakat akan semakin meningkat

Adapun target pencapaian pengembangan sistem PT. BPR Syariah Baiturridha Pusaka adalah :

  • Memiliki daya saing yang tinggi dalam pelayanan jasa perbankan syariah.
  • Memiliki peran yang signifikan dalam sistem perekonomian dan turut meningkatkan kesejahteraan pegawai khususnya di lingkungan PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
  •  Memiliki kemampuan untuk bersaing dalam pemenuhan standar operasional keuangan.
  • Memiliki kemampuan dalam memberikan kontribusi profit kepada semua stakeholder perseroan. 

VISI                                                   :

Menjadi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah yang mengutamakan pelayanan terbaik, sehat dan terpercaya

MISI

  • Menghimpun dan menyalurkan dana sesuai dengan prinsip-prinsip syariah melalui praktek usaha perbankan yang sehat.
  • Menerapkan prinsip tata kelola yang baik dan prinsip kehati-hatian dalam seluruh kegiatan usaha
  • Meningkatkan sumber daya insani yang profesional, melayani dengan sepenuh hati, berintegritas tinggi,  kreatif dan inovatif
  • Berkontribusi maksimal terhadap pemberdayaan ekonomi untuk kemakmuran umat. 

MOTTO

 “Kami untuk kesejahteraan semua,  Inspire Prosperity

 

Struktur Managemen

Dewan Komisaris

Komisaris Utama                                  : H. Hamanggiharto

Komisaris                                             : DR. H. Ahmad Hasan Ridwan, M.Ag

Dewan Pengawas Syariah

Ketua Dewan Pengawas Syariah         : Muhamad Yunus

Dewan Pengawas Syariah                   : Latief Awaludin

Dewan Direksi

Direktur  Utama                                   : Ir. Hj. Musyafa’atun Aisyah

Direktur                                               : Popi Sophia, SE

Pemegang Saham Pengendali  

Yayasan Pusaka